Misi Allah Bagi Dunia

Yohanes 3:16-21

Kata “misi” berasal dari bahasa Latin “missio” yang berarti pengutusan.

Missio Dei = pengutusan yang berasal dari / kepunyaan Allah. Hal ini berarti menyangkut rencana, kerja, seluruh karya yang Ia lakukan terhadap dunia ini.

Yohanes 3:16 yang sangat terkenal ini merupakan bagian dari percakapan Nikodemus dengan Tuhan Yesus. Dari ayat 16-17 kita menemukan misi Allah kepada dunia ini yaitu MENYELAMATKAN MANUSIA BERDOSA. Misi Allah (missio Dei) merupakan seluruh pekerjaan Allah untuk menyelamatkan dunia, baik itu dimulai dari pemilihan umat Israel, pengutusan para nabi kepada bangsa Israel dan bangsa-bangsa di sekitarnya, pengutusan Kristus kepada dunia, pengutusan rasul-rasul dan pengabar Injil kepada bangsa-bangsa.

Namun pertanyaannya adalah “kenapa manusia perlu diselamatkan?” Dari Yohanes 3:16-17 kita menemukan beberapa alasan, yaitu:

  1. Kita berada di bawah hukuman (ayat 18)
    • Ketika Adam jatuh di dalam dosa, hidup seluruh manusia bahkan seluruh ciptaan berada dibawah hukuman. Ketika seseorang berada di bawah hukuman, maka artinya ada kesakitan, penderitaan, dan kebinasaan. Dengan kondisi yang demikian, kita tidak mampu membebaskan diri kita dari penghukuman itu. Celakanya kita merasa hidup kita baik-baik saja, yang penting punya uang, bisa makan. Lalu beres!
  2. Kita membenci terang / kita mencintai kejahatan (ayat 19)
    • Realita yang tidak mampu kita hindari adalah masing-masing kita lebih mencintai kejahatan. Lihatlah pergumulan Paulus di Roma 7:21-26 dimana Paulus menunjukkan secara jujur ketidakmampuannya melawan dosa. Dia ingin melakukan sesuatu yang baik dan benar, tapi daging lemah.

Jika realitanya: manusia berada dibawah hukuman, membenci terang, mencintai kejahatan. Lalu bagaimana? Allah memberikan suatu jalan keluar bagi manusia yaitu dengan mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal. Allah memperkenalkan diri-Nya melalui Yesus sehingga setiap orang yang mengenal-Nya memperoleh hidup yang kenal. Namun tidak semua orang diselamatkan, ingat bahwa tindakan Allah ini memerlukan respon dari manusia. Maka ayat 16, 18, 21 tercatat bahwa “setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak akan dihukum”

Jadi apa yang perlu kita lakukan?

  1. Percaya kepada-Nya (vv.16, 18)
  2. Melakukan yang benar (v.21)

ringkasan khotbah: Ev. Tju David Gunawan

2 thoughts on “Misi Allah Bagi Dunia”

    1. Syalom. Silakan dicopy dan semoga bermanfaat. Kami berharap Bpk/Ibu dapat mencantumkan sumber artikel tersebut yaitu gktbethany.or.id sebagai bentuk penghargaan terhadap karya tulis. Terima kasih.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s