Memahami Pimpinan Roh Kudus

Kisah Para Rasul 1:8
Ayat di atas merupakan ayat yang luar biasa. Kata ‘kuasa’ (dinamous) menunjuk kepada suatu kuasa yg dinamis. Hal itu hanya terjadi ketika kita dipimpin oleh Roh Kudus. Namun, apa artinya dipimpin oleh Roh Kudus?

Dipimpin Roh Kudus berarti bahwa kita menyerahkan hidup kita dan mau hidup taat kepada-Nya. Seringkali kehadiran Roh Kudus hadir berupa suara yang mengingatkan kita akan hal-hal yang seharusnya kita lakukan. Tetapi sayangnya kita seringkali sulit taat dan mendengarkan-Nya. Contoh sederhana: kita tahu bahwa jalur busway adalah untuk bus transjakarta, namun seringkali kita pura-pura tidak tahu dengan alasan apapun.

Apa pentingnya Roh Kudus dalam kehidupan kita?
1. Memimpin kita kepada kebenaran (Yoh.16:13). Pada saat kita belum percaya kepada Yesus, kita berada dalam kondisi ‘mati’. Tidak ada seorangpun di antara kita yang mampu memilih untuk percaya kepada Yesus. Bayangkan saja ketika kita pergi ke rumah duka, yang kita salami pasti adalah keluarga yang berduka; bukan orang yang meninggal. Hal ini dikarenakan orang yang meninggal tersebut tidak mampu memberi respon kepada kita. Demikianlah kita.

2. Memberi kuasa untuk bersaksi. Bersaksi untuk Tuhan sebenarnya bukanlah hal yang sulit karena kita dapat menyaksikan Kristus melalui cara hidup dan tindakan kita. Segala hal yang terjadi dalam hal kita merupakan  mujizat yang Tuhan kerjakan dalam kehidupan kita.

3. Hidup menghasilkan buah Roh. Sejak manusia jatuh dalam dosa, manusia tidak mampu hidup seperti yang Tuhan mau. Oleh karena itu, Roh Kudus hadir dalam kehidupan kita untuk mengubah diri kita bahkan menolong kita agar hidup sesuai dengan karakter Kristus.

Apakah kita yang sudah percaya kepada Tuhan mau menyerahkan diri kita dan taat di bawah pimpinan Roh Kudus?

Ringkasan Khotbah: Ev. Sriami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s