Ketika Layar Anda Tidak Lagi Mendapat Angin

Renungan ini juga dapat dibaca dari halaman Facebook GKT Bethany berikut: renungan 9 Januari 2016

9 Januari 2016

Ketika Layar Anda Tidak Lagi Mendapat Angin

kapal layarDibuatNyalah badai itu diam, sehingga gelombang-gelombangnya tenang. Mereka bersukacita, sebab semuanya reda dan dituntunNya mereka ke pelabuhan kesukaan mereka. Mazmur 107: 29-30

Bayangkanlah sesaat Anda sudah memulai suatu petualangan pelayaran yang menggairahkan. Anda sudah terlatih untuk menavigasi dan berlayar di lautan serta siap jika masalah harus muncul. Anda yakin bahwa Anda dapat mengatasi tantangan itu. Namun di tengah jalan, sumber daya Anda habis.

Nyaris tampak seolah Tuhan sengaja menghancurkan semua keahlian yang Anda miliki untuk menghadapi cuaca dan rintangan. Sekarang layar Anda rusak. Bahkan mesin Anda telah rusak. Lebih buruk lagi, dayung Anda hilang karena tenggelam. Anda terombang-ambing di tengah lautan, dan tidak ada angin untuk mendorong kapal Anda. Anda, seperti kata mereka, “Terjebak di hulu tanpa duyung.”

Semua ini membawa Anda pada akhir kemampuan Anda, dan Anda berseru, “Tuhan, aku tidak tahu mengapa Engkau membawaku ke sini hanya untuk mati.” Anda tidak mendapat jawaban, tidak ada kelegaan untuk kesukaran Anda. Keheningan terasa memekakkan telinga.

Akhirnya, Tuhan berfirman “Ya, engkau benar,” firmanNya. “Aku memang sengaja membawamu ke sini. Aku memang menghancurkan layarmu. Aku memang merusak mesinmu. Dan ya, Aku memang ingin engkau mati. Ingat bukan dalam pengertian jasmaniah, melainkan rohani-supaya engkau dapat hidup. Engkau lihat, anakKu, engkau tidak berarti tanpa Aku. Engkau tidak dapat melakukan apapun tanpa kasih karunia dan kuasaKu dalam hidupmu.”

Anda menyerah dengan diam-diam. Tiba-tiba, suatu gelombang lembut mengangkat bagian depan kapal Anda. Angin dari timur berembus pada layar yang sobek, menggerakkan kapal ke arah yang benar. Anda menyadari bahwa Tuhan sedang menggerakkan kapal Anda! Peran Anda sekarang adalah mengemudikannya.

Apakah layar Anda mendapatkan angin untuk menggerakkan Anda? Apakah mesin Anda rusak? Apakah rasanya seolah-olah Tuhan telah mendorong Anda ke laut terbuka hanya untuk berhenti di tengah jalan tanpa pilihan lain? Barangkali Ia sedang mengatakan bahwa inilah saatnya untuk mati supaya Ia dapat hidup melalui Anda. Berikanlah kendali sepenuhnya kepada Tuhan hari ini, maka Anda akan melihat anginNya menggerakkan layar Anda yang compang-camping.

#TodayGodIsFirst

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s