Mengetahui dan Melakukan Kehendak Tuhan

10 Januari 2016

Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. Amsal 3: 5-6

image

George Mueller adalah seorang gembala gereja di Inggris sebelum abad ke 19 yang tahu apa artinya menjalani kehidupan yang terfokus mengetahui dan melakukan kehendak Tuhan. Tuhan menuntun George di jalan iman yang telah menjadi kesaksian luar biasa bagi semua orang yang mendengar kisahnya.

Setiap kali George kekurangan sesuatu, ia berdoa memohon sumber daya tersebut. Selama pelayanannya di Bristol, Inggris, Georges membangun 4 panti asuhan yang awalnya mengurus 2.000 anak. Saat ia meninggal pada usia 93 tahun, lebih dari 10.000 anak sudah diurus melalui panti asuhannya, dan ia telah mendistribusikan lebih dari 8 juta dolar – semua telah diberikan kepadanya sebagai jawaban atas doa.

Bagaimanakah ia mengetahui dan melakukan kehendak Tuhan? “Saya tidak pernah ingat…suatu masa, saat saya pernah dengan tulus dan sabar berusaha mengetahui kehendak Tuhan melalui ajaran Roh Kudus, melalui firman Tuhan, tetapi saya selama ini telah diarahkan dengan benar.” George menyimpulkan cara ia masuk ke dalam hubungan hati dengan Tuhan dan belajar untuk peka terhadap suara Tuhan sebagai berikut:

Pada awalnya saya berusaha membawa hati saya masuk ke dalam keadaan sedemikian rupa sehingga hati saya tidak mempunyai kemauannya sendiri tentang masalah yang dimaksud. Sesudah melakukan ini, saya tidak menyerahkan hasilnya kepada perasaan atar kesan yang sederhana. Jika demikian, saya menyebabkan diri saya sendiri terserang khayalan besar. Saya mencari kehendak Roh Tuhan melaui, atau yang berhubungan dengan firman Tuhan. Roh dan Firman harus digabungkan. Berikutnya, saya memperhitungkan keadaan saat itu. Semuanya sering jelas menunjukkan kehendak Tuhan yang berhubungan dengan Firman dan RohNya. Saya memohon kepada Tuhan dalam doa untuk mengungkapkan kehendakNya kepada saya dengan benar.

Jadi, melalui doa kepada Tuhan, pendalaman firman dan renungan, George akan tiba pada keputusan yang sungguh-sungguh sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan terbaiknya. Jika pikirannya tetap merasakan damai sejahtera –dan terus demikian sesudah dua atau tiga permohonan lagi—ia pun akan melanjutkannya. Pertimbangkanlah lima langkah ini saat sedang mendengarkan suara Tuhan dalam hidup Anda.

#TodayIsGodFirst

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s