Menjadi Penyembah yang Benar

Ringkasan Khotbah, GKT Bethany Jakarta, 26 Juli 2015

Ev. Ronny Samuel

Mazmur 100: 1-5

Menjadi penyembah yang benar ada 2 hal yang penting yang perlu kita pelajari sama-sama.

  1. Mengetahui siapa Tuhan yang kita sembah

Ayat 3 “Ketahuilah bahwa Tuhanlah Allah”. Tahu dan mengenal adalah satu kata yang mengandung relasi di dalamnya. Bisa bisa mengenal orang lain apabila kita memiliki relasi dengan orang itu. Ketika kita mengenal Tuhan, berati kita memiliki relasi dengan Tuhan. Hubungan relasi yang dibangun bukan hanya ketika kita di gereja tetapi dalam hidup kita sehari-hari.

  1. Mengetahui bahwa Tuhanlah yang menebus kita

Dalam ayat 3b dikatakan bahwa “Dialah yang menjadikan kita, dan punya Dialah kita.” Kata menjadikan di sini bukan saja ketika Tuhan menciptakan manusia, tetapi ketika Tuhan yang maha besar itu membebaskan Israel dari perbudakan di Mesir. Hal ini membawa pemahaman kepada kita betapa agungnya ibadah kita. Kita mendekat kepada Allah karena Kristus sendiri yang membawa kita mendekat kepada Allah.Ibadah kita bisa berkenan kepada Allah karena Kristus, bukan karena pemimpin liturgos, atau pemusik. kita bersorak-sorai datang di hadapan Allah bukan hanya karena Dia baik, tetapi karena kita dibebaskan dari hukuman dosa.

Ayat yang ke 2 dikatakan “layanilah Tuhan dengan sukacita”, dalam beberapa bagian Alkitab yang lain, banyak sekali ayat yang berbicara layanilah Tuhan, seperti dalam Roma 12: 1, kita diselamatkan Allah, karena itu sudah sepantasnya kita layani Tuhan, beribadah dengan sukacita.

Mari kita datang ke hadirat Tuhan karena Tuhanlah yang membebaskan kita, Tuhanlah yang menebus kita, mari kita beribadah padaNya dengan memiliki relasi yang dekat padaNya dalam keseharian kita.

-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s