Pokok Keyakinan Iman Reformed

Gereja Kristus Tuhan berpegang pada dogma historis gereja Injili yang mengacu kepada Theologia Reformatoris (Reformed). Gereja Kristus Tuhan menerima Pengakuan Iman Rasuli, Pengakuan Iman Nicea Konstantinopel, Katekismus Heidelberg, dan Pengakuan Iman Belgica sebagai pokok kepercayan iman Kristen.

Pokok-Pokok Keyakinan Iman Reformed

  1. Kedaulatan Allah

Keyakian bahwa Allah adalah kekal dan berkuasa secara mutlak atas semua ciptaan. Ia lebih tinggi dari apapun dan memerintah dengan kendali yang absolut.

Matius 10: 29-30

“Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekorpun daripadanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu.  Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya.

  1. Lima Sola

SOLA SCRIPTURA: HANYA ALKITAB

Keyakinan dan pengakuan akan otoritas Alkitab sebagai  standar/norma tertinggi dalam semua pengajaran dan kehidupan orang Kristen.

2 Timotius 3: 16-17

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar,   untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

SOLA GRATIA: HANYA OLEH ANUGRAHNYA

Keyakinan bahwa keselamatan diperoleh bukan berdasarkan usaha, kekuatan, kemampuan, dan daya manusia, melainkan adalah anugrah/pemberian Allah.

Efesus 2: 8-9

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan  oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu jangan ada orang yang memegahkan diri.

SOLA FIDE: HANYA OLEH IMAN

Keyakinan bahwa seseorang dibenarkan bukan karena melakukan perbuatan baik (Hukum Tuhan) tetapi hanya melalui iman kepada Tuhan Yesus Kristus.

Galatia 3: 11

Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: “Orang yang benar akan hidup oleh iman”.

SOLUS CHRISTUS: HANYA OLEH KRISTUS

Keyakinan bahwa Kristus satu-satunya jalan keselamatan yang ditentukan Allah dan sentral pengajaran Kitab Suci.

Kisah Para Rasul 4: 12

Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.

SOLI DEO GLORIA: HANYA UNTUK KEMULIAAN ALLAH

Keyakinan bahwa segala pencapaian dalam hidup hanya ditujukan untuk kemuliaan Allah atau pujian hanya bagi Tuhan.

Roma 11: 36

Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

Advertisements

Menjadi Serupa Kristus

%d bloggers like this: